5 Tips Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat Terbang Karena Turbulensi

Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Hal yang paling membuat Seseorang Takut dan Khawatir naik Pesawat adalah ketika Take Off dan Landing atau disebut juga dengan Istilah Turbulensi.

Dalam Dinamika Fluida, Turbulensi atau Aliran Turbulen adalah gerakan fluida yang ditandai dengan perubahan kekacauan dalam tekanan dan kecepatan aliran. Hal ini berbeda dengan aliran laminar, yang terjadi ketika fluida mengalir dalam lapisan paralel, tanpa gangguan di antara lapisan-lapisan itu.

Namun, Dalam Dunia Penerbangan, Definisi Turbulensi adalah sebuah situasi dimana Pesawat harus mengahadapi sebuah guncangan yang diakibatkan oleh perubahan kecepatan aliran udara.

Bagi Seseorang yang baru pertama kali naik Pesawat atau untuk mereka yang belum terbiasa, guncangan akibat Turbulensi dapat terasa sangat mengerikan. Hal ini karena Pesawat yang awalnya tenang, tiba tiba akan bergoyang saat masuk ke dalam kerumunan awan.

READ:  Mengenal Definisi Static Discharger Yang Ada di Bandan Pesawat Terbang

Namun sebenarnya, Tidak perlu ada yang ditakutkan saat terjadi Turbulensi, Karena secara teknis biasanya Pilot sudah biasa dan tahu apa yang harus mereka lakukan.

Namun Tetap saja, Bagi Para Penumpang, juga ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi Turbulensi. Nah, di bawah ini adalah 5 tips mudah untuk menghadapi Turbulensi saat anda tengah dalam Penerbangan pesawa komersial.

1). Kencangkan Sabuk Pengaman (Seatbelt)

Seatbelt Pesawat

Seatbelt Pesawat

Pada saat Pesawat akan Take Off biasanya Penumpang akan dipandu Pramugari untuk menggunakan sabuk pengaman atau Seat Belt dengan baik.

Namun, Terkadang yang terjadi adalah banyak Penumpang yang kemudian melepaskan sabuk pengaman mereka saat Pesawat sudah terbang dengan tenang.

Padahal, saat Turbulensi terjadi dan Pesawat berguncang, kondisi tubuh Anda bisa menjadi tidak stabil dan Anda tidak siap, sehingga kehilangan keseimbangan.

Agar Anda tidak terbentur atau tidak mengalami cedera yang lain saat Turbulensi terjadi, maka akan lebih baik jika Anda mengencangkan sabuk pengaman atau seat belt yang Anda kenakan.

2). Berhenti Melakukan Aktivitas Makan

Getaran atau guncangan yang terjadi saat Turbulensi biasanya cukup hebat dan bisa dirasakan. Tentu keadaan ini akan membuat aktivitas makan atau minum Anda di Pesawat menjadi tidak nyaman. Makanan atau minuman Anda pun dapat beresiko tumpah.

Untuk menghindarinya Anda hanya cukup meletakkan gelas dan piring di lantai kabin yang Anda duduki untuk meredam guncangan yang hebat. Hal ini bisa sangat membantu apalagi lantai kabin biasanya telah dilengkapi dengan karpet.

3). Jangan Buang Air Kecil atau Besar

Biasanya saat Turbulensi terjadi, udara di dalam kabin akan terasa sedikit menipis. Untuk bisa bernafas biasanya akan sulit, terlebih lagi untuk bergerak.

Namun jika Anda mengalaminya, maka usahakan untuk tidak panik. Hal pertama yang bisa dan harus Anda lakukan adalah melipat lidah toilet dan duduk jika Anda memang sedang ada di kamar kecil.

Jika Anda sedang cuci muka, maka segeralah duduk di bagian sudut toilet agar Anda tetap bisa stabil saat Turbulensi terjadi dan tidak kehilangan keseimbangan.

4). Jangan Mondar Mandir di Kabin

Penerbangan dengan jarak yang jauh akan terasa membosankan dan melelahkan. Mungkin banyak dari Anda yang kemudian merasa tidak betah duduk di kursi.

Nah, saat anda sedang berjalan di kabin saat Turbulensi terjadi, maka segeralah duduk di lantai kabin. Jika Anda tetap mondar mandir di kabin maka resiko cedera saat Turbulensi seperti terbentur dapat terjadi kepada Anda.

5). Menulis Nama Diri Sendiri

Tahukah Anda? bahwa ternyata cara yang satu ini adalah jurus yang sangat ampuh dari Seorang Pilot di Amerika Serikat yang bernama Captain Ron Nielsen.

Dia mengatakan bahwa dengan menulis nama sendiri dengan menggunakan tangan dapat membuat rasa panic anda sedikit demi sedikit menghilang.

Untuk dapat lebih fokus dengan aktvitas menulis nama Anda, Anda dapat menulis dengan menggunakan tangan yang berlawanan sehingga Anda tak memikirkan mengenai Turbulensi lagi.

Itulah 5 Tips Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat Terbang Karena Turbulensi, Semoga Bermanfaat, Sekian & Terimakasih..

Spread The Love..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open WhatsApp
Butuh Bantuan?
Butuh Bantuan?
Hubungi Kami di WhastApp..