Definisi Airlines Dalam Dunia Penerbangan Menurut Ilmu Penerbangan

Definisi Airlines

Definisi Airlines

Airlines merupakan istilah dalam Bahasa Inggris yang merujuk pada Maskapai Penerbangan (Perusahaan). Maka, Airlines adalah Sebuah Perusahaan Swasta maupun Pemerintah yang menawarkan jasa moda Transportasi udara, berupa pesawat terbang.

Maskapai Penerbangan atau Airlines sudah ada di seluruh Negara di Dunia. Untuk memenuhi kebutuhan Transportasi jarak Jauh yang cepat dan mura, Transporatasi Udara adalah solusi yang paling efisien untuk saat ini.

Memang untuk saat ini, Pesawat Udara adalah satu-satunya kendaraan yang bisa membawa penumpang dan barang dengan cepat, baik antar kota ataupun antar kota bahkan antar benua.

Harga tiket pesawat juga lebih murah, ketimbang harus naik kereta, bus dan kapal. Inilah alasan kenapa banyak orang memilih naik pesawat. Selain lebih cepat, juga akan memangkas biaya perjalanan.

Misalnya perjalanan udara dari kota Yogyakarta ke Medan bisa ditempuh hanya dalam tempo waktu 3 jam. Padahal kalau seandainya naik bus, ini akan butuh berhari-hari. Begitu pun kalau naik kapal. Sungguh melelahkan!

Definisi Airlines

Selain itu, Definisi Airline juga merujuk pada sebuah jasa yang melayani Penyewaan Pesawat dan Helikopter untuk penerbangan perintis.

Itu Merupakan Sebuah Penerbangan yang dimulai dan di akhiri di bandara-bandara kecil. Biasanya terletak di daerah pelosok. Contohnya: Maskapai Susi Air.

Ternyata Airlines pun dibedakan lagi ke dalam beberapa jenis. Berdasarkan dari tarif dan pelayanannya. Tentu Anda sering mendengar istilah Maskapai Penerbangan bertarif rendah. Ini sedang menjamur sekali di dunia dan Indonesia.

Meskipun kini pemerintah telah melarang Maskapai Penerbangan melepas harga tiket murah sekali. Namun tetap saja, Anda bisa dapatkan tiket Pesawat dengan harga murah.

Harga yang dianjurkan Pemerintah itu minimal harga tiket adalah Rp700.000 untuk batas bawahnya. Namun seringkali ada promo besar-besaran yang membuat harga tiket jadi murah sekali, bahkan gratis.

Jenis Jenis Airlines Berdasarkan Service

Berikut di bawah ini adalah Macam Macam atau Jenis Jenis Airline berdasarkan servicenya:

  1. Low Cost Carrier
    Low Cost Carrier adalah sebuah perusahaan Maskapai Penerbangan yang melayani penumpang dengan harga murah, fasilitas standar dan keamanan terpenuhi. Maskapai Penerbangan Murah ini hanya menyediakan kelas ekonomi dengan harga tiket di bawah rata-rata. Meskipun murah, namun banyak orang memilih pakai LCC karena akan menghemat biaya perjalanan mereka dari 30-75%. Ini tentu sangat membantu mereka yang punya budget perjalanan kecil.
  2. Full Service Airline
    Full Service Airline adalah sebuah Maskapai Penerbangan yang melayani penumpang kelas bisnis dan eksekutif. Para penumpang akan mendapatkan pengalaman terbang sangat nyaman, seolah-olah sedang berada di hotel dan lounge saja.

Full Service Airlines biasanya identik dengan Pesawat orang kaya. Hanya orang berduit saja yang sanggup membeli tiketnya, Karena harganya bisa 2-4 kali lipat dari harga tiket Pesawat ekonomi. Namun, akan sebanding dengan fasilitas yang didapat.

Maskapai Penerbangan dengan Pelayanan yang Penuh ini juga identik dengan tingkat keselamatan yang tinggi. Jenis Pesawatnya masih baru dan bagus. Seat atau tempat duduknya juga didesain khusus secara nyaman dan longgar.

Full Service Airlines Paling diunggulkan juga soal makanan yang biasanya sangat beragam dan enak-enak. Beda dengan Low Cost Carrier yang biasanya tidak disediakan makan gratis, namun harus beli lagi dengan harga yang mahal.

READ:  Pengertian Penumpang Transportasi Udara Menurut Ilmu Penerbangan

Fenomena Maskapai bertarif murah memang bukan sesuatu yang mengejutkan. Ini hal yang biasa saja dalam dunia Penerbangan sebagai bagian dari service kepuasan kepada pelanggan. Kalau tidak berani bermain murah, sepertinya sebuah Maskapai akan benar-benar kalah saing.

Namun, ada pula perusahaan Airlines yang masih setia bergerak di jalur harga tiket menengah ke atas, bahkan cenderung di atas.

Ini adalah Maskapai milik pemerintah Indonesia, Garuda Indonesia Airlines. Kalau mau naik Pesawat Garuda, murah-murahnya memang Rp700.000.

Itulah Penjelasan Tentang Definisi Airlines Dalam Dunia Penerbangan? Semoga Bermanfaat, Sekian & Terimakasih..

Spread The Love..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open WhatsApp
Butuh Bantuan?
Butuh Bantuan?
Hubungi Kami di WhastApp..