Definisi Grooming and Attitude Dalam Dunia Penerbangan dan Dunia Kerja

Definisi Grooming and Attitude

Definisi Grooming and Attitude

Penampilan Fisik Sesorang merupakan lukisan diri yang bisa menampilan jati diri Seseorang kepada orang lain. Kebanyakan Orang tidak menyadari betapa pentingnya kesan atau image dalam penampilannya.

Keahlian atau Keterampilan yang baik dan kualitas kerja yang tinggi memang sangat dibutuhkan, akan tetapi, kesan yang buruk bisa menutupi kahlian Anda yang paling sempurna sekalipun.

Image yang buruk juga dapat mempengaruhi penerimaan orang lain dan bahkan rekan kerja Anda. Memang, Kecantikan bukanlah syarat mutlak, akan tetapi setiap Orang harus tahu bagaimana cara harus menampilkan diri, seperti bagaimana cara Anda:

  • Duduk;
  • Berjalan;
  • Berdiri;
  • Berpakaian; dan
  • Merias Diri.

Karena, Respons Positif atau Negatif Orang lain tergantung dari image yang disampaikan. Misalnya, melalui cara berpakaian, sikap dan perbuatan, sopan santun dan lain-lain.

Meski Mode atau Tren Pakaian yang digunakan selalu berubah-ubah, Tetapi Anda harus memastikan bahwa pakaian yang Anda pakai sesuai dean cocok digunakan untuk penampilan Anda sehari-hari atau bahkan untuk pekerjaan yang Anda jalani.

Pakaian yang Anda kenakan juga harus sesuai dengan tuntutan Profesi yang Anda jalankan. Supaya Anda selalu bekerja dengan cepat, maka dalam hal ini perlu Anda antisipasi dengan pakaian yang praktis dan sedikit sportif, selain itu, pakaian harus disesuaikan degan kegiatan sehari-hari yang Anda lakukan.

Dalam hal ini, Anda dapat memilih pakaian yang pantas dan membuat Anda nyaman dan lebih percaya diri. Selain itu, tentu saja Anda akan terlihat lebih menarik dengan bentuk yang cocok dengan tinggi tubuh, serta warna kulit yang Anda miliki.

Menarik Tidak Harus Mahal!

Perlu juga Anda pertimbangkan, bahwasannya produk pakaian dan kerudung tidak harus selalu yang ternama dan mahal.

Namun, hendaknya Anda melihat kualitas dari pakaian tersebut, serta yang paling penting, bahwa penggunaan pakaian dan kerudung yang Anda gunakan perlu memeperhatikan pangaturan perpaduan warna, serta memiliki cita rasa yang baik dengan pakaian tersebut, sehingga dapat mengubah penampilan Anda menjadi lebih baik.

Mengatur dan merencanakan pakaian dan kerudung yang hendak dikenakan juga sangat perlu dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak membeli pakaian yang cepat lusuh, ketinggalan zaman, membosankan, serta sulit dikombinasikan atau kurang cocok dengan banyak situasi dan kondisi.

Carilah Yang Mudah Dikombinasikan

Pakailah pakaian yang mudah dikombinasikan, sehingga dengan jumlah yang terbatas, Anda akan tetap memiliki variasi pakaian yang cukup banyak!

Untuk pakaian setiap harinya, buatlah perencanaan paling tidak malam hari. Dalam hal ini yang perlu direncanakan adalah pakaian apa yang harus di pakai keesokan harinya. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah keterburu-buruan, bila pagi hari terlambat bangun.

Perencanaan yang baik juga mencakup pemilihan baju dan kombinasi yang sesuai dengan tugas besok, baik dari segi warna dan asesori.

Pengecekan bagian-bagian kancing baju juga perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kancing lepas, robek, atau jahitan baju yang terlepas.

Penampilan Fisik

Penampilan Fisik adalah adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan penampilan luar manusia yang mudah diamati dan dinilai oleh manusia lain.

Penampilan Fisik secara disadari atau tidak, dapat menimbulkan respon atau tanggapan tertentu dari orang lain. Sekalipun, dalam kenyataannya, banyak ahli yang tidak setuju jika penilaian akan Seseorang di dasarkan pada penampilan luarnya saja.

Saat ini, Penampilan Fisik yang menarik sudah dijadikan sebagai syarat tidak Resmi di beberapa lapangan pekerjaan. Beberapa lapangan pekerjaan telah menuntut para pegawainya untuk berpakaian dan berpenampilan baik dalam menerima konsumen.

Hal itu karena, Peran dari Penampilan Fisik adalah untuk memberikan deskripsi atau gambaran singkat akan diri Orang atau Perusahaan tersebut.

Penampilan Diri (Grooming) merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap Orang tentu saja ingin selalu tampil serasi dan menarik agar disukai oleh orang lain.

Penampilan menarik mencerminkan kepribadian Seseorang. Orang yang berpenampilan menarik akan dinilai sebagai orang yang berkepribadian baik. Sebaliknya, orang yang kurang memperhatikan penampilannya dinilai sebagai orang yang berkepribadian kurang menarik.

Penampilan yang menarik akan memberikan kesan yang positif bagi orang lain. Oleh karena itu, penampilan diri perlu diperhatikan agar sedapat mungkin selaras dengan nilai-nilai keindahan dan tata krama yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu terlebih dahulu anda mengetahui arti kata grooming.

Definisi Grooming

Menurut Hendarto dan Tulusharyono (2002) berpendapat: Respons Positif atau Negatif dari Orang tergantung dari image yang disampaikan, misalnya melalui cara berpakaian, sikap dan perbuatan, sopan santun, dan lain-lain.

Relasi Bisnis Pimpinan bahkan mendapat kesan pertama akan perusahaan dari sekretarisnya. Maka, Sebagai Sekretaris diharapkan memiliki sifat positif dan percaya diri, riang, gembira, suka menolong yang dikombinasikan dengan penampilan bisnis yang rapi, bersih, dan konservatif.

Grooming merupakan penampilan diri seseorang yang harus terjaga dan selalu rapi secara keseluruhan, dimulai dari ujung rambut sampai ujung kaki, dari cara berpakaian sampai dengan cara berjalan.

Karena umumnya, yang pertama dilihat atau diperhatikan oleh orang lain adalah bagaiman penampilan Anda. Sebab itulah, penampilan bisa menentukan bagaimana perasaan Anda tentang diri sendiri.

Ada Pepatah Mengatakan ”Apabila Anda yakin akan penampilan Anda sendiri, maka Anda pun akan merasa nyaman” atau dalam bahasa Inggris yaitu “When you look good, you feel good”.

Menurut Wursanto (2006) Grooming atau Penampilan Diri yaitu suatu penampilan seseorang yang dapat menggambarkan dan mencerminkan kepribadian seseorang.

Penampilan diri juga akan memberikan suatu kesan bagi orang lain. Oleh karena itu, Grooming mempunyai hubungan yang sangat erat dengan penempilan sehari-hari.

Apabila Anda ingin menjadi seseorang yang baik dalam Performance image, maka Anda juga harus mempunyai penampilan diri dan kepribadian yang baik juga atau dalam istilah bahasa inggrisnya “well groomed”.

Penampilan diri yang baik dapat mencerminkan kepribadian seseorang yang dapat dilihat dari ucapan dan perbuatannya.

Pagawai atau dalam hal ini seorang sekretaris harus berpenampilan baik, rapi dan bersih, karena penampilan merupakan keadaan lahiriah yang tampak oleh orang lain. Orang lain dapat menilai sifat, kebiasaan, status sosial, selera dan gaya hidup seseorang dari penampilanya.

Menurut Ernawati (2004) Perlunya Grooming atau Penampilan diri yang baik dari Seorang dalam memberikan pelayanan kerja bagi Customer terutama relasi atau rekan kerja yang akan mementukan keberhasilan. Dalam berpenampilam harus mempunyai daya tarik yang dapat membuat orang memberikan kesan yang positif.

Menurut Rosidah dan Sulistiyani (2005) Berpenampilan baik dan menarik tidak dilihat dari pakaiannya yang bagus ataupun yang harganya mahal. Namun, dilihat dari kesesuaian pakaiannya atau cara menyeimbangkannya dengan cara bersolek atau menggunakan aksesorisnya. Serta yang paling utama agar terlihat menarik dalam berpenampilan yaitu menggunakan pakaian yang bersih dan rapi. Pakaian yang sederhanapun apabila rapi, bersih dan sopan maka akan terlihat menarik.

Kesimpulan Grooming and Attitude

Grooming atau dalam Bahasa Indonesia adalah “Penamilan Diri” merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari atau dalam dunia Kerja. Kenapa?

Karena, Penampilan yang Rapih dan Menarik tentu saja dapat mencerminkan Kepribadian Seseorang. Dengan berpenampilan Rapih dan Menarik Anda akan dinilai sebagai Orang yang mempunyai Kepribadian baik oleh Orang lain.

Selain itu, Penampilan Menarik juga dapat memberikan pesan positif bagi Orang lain. Terlebih bagi Para Pekerja yang biasa melayani Kolega atau Pelanggan, Berpenampilan Rapih dan Menarik merupakan suatu keharusan supaya memberikan kesan Positif pada pertemuan pertama dan selanjutnya.

Namun, Selain Penampilan yang Rapih dan Menarik, Seseorang juga harus didukung dengan Attitude (Sikap) atau Tingkah laku yang baik pula.

Maka, Sebagai Orang yang Berprofesi Sebagai Pramugari atau STAFF Penerbangan, Grooming and Attitude tentu menjadi sebuah keharusan untuk membeerikan pelayanan yang maksimal kepada Penumpang Pesawat sesuai dengan Standara Operasional Prosedur (SOP).

Itulah Gambaran Tentang Definisi Grooming and Attitude Dalam Dunia Penerbangan dan Dunia Kerja.

Semoga Bermanfaat, Sekian & Terimakasih..

Spread The Love..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open WhatsApp
Butuh Bantuan?
Butuh Bantuan?
Hubungi Kami di WhastApp..