Mengenal Definisi Static Discharger Yang Ada di Bandan Pesawat Terbang

Definisi Static Discharger

Definisi Static Discharger

Pernahkah Anda mendengar istilah Static Discharger? Bagi Anda yang bekerja di dunia Penerbangan mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut.

Saat sedang berada di sebuah Pesawa Terbang, Pastilah Anda pernah memandang ke luar jendela, dan mungkin banyak dari Anda yang melihat bagian seperti batang Logam yang menyerongat atau mencuat keluar dari sayap Pesawat Terbang.

Nah, benda tersebut merupakan Static Discharger. Meskipun terlihat Useless atau tidak berguna, namun ternyata Static Discharger memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya dari bagian lain yang ada di Pesawat Terbang.

Definisi Static Descharger

Static Discharger, umumnya dikenal sebagai sumbu statis atau sumbu pelepasan statis, dipasang di tepi belakang Pesawat, termasuk Aileron (ditanahkan secara elektrik), elevator, kemudi, sayap, ujung penstabil horizontal dan vertikal.

Static Discharger dipasang di hampir semua Pesawat Sipil saat ini, perangkat ini memiliki hambatan listrik tinggi (6-200 megaohm) dengan voltase korona yang lebih rendah daripada struktur pesawat di sekitarnya.

Fungsi Static Discharger

Pelucut Statik (Inggris: Static Discharger) digunakan di Pesawat Terbang agar operasi Navigasi Pesawat dan sistem komunikasi Radio tetap berjalan dengan lancar.

Dalam kondisi pemuatan yang merugikan (gesekan udara), Static Discharger membatasi peningkatan statik potensial pada Pesawat dan gangguan kontrol yang disebabkan oleh muatan statik.

Static Discharger bukanlah Penangkal Petir dan tidak mengurangi atau meningkatkan kemungkinan pesawat tersambar petir.

Alat ini harus diperiksa setelah terjadi sambaran petir untuk memastikan kelayakan operasi lucutan statik.

Dibuat dengan sebuah sumbu kabel atau elemen bersifat konduktif pada salah satu ujungnya, yang menyediakan jalur lucutan hambatan yang rendah serta berkesinambungan, Pelucut statik dipasangkan ke bagian tepi trailing dari kemudi guling, elevator, kemudi, sayap, ujung penstabil mendatar dan stabilisator vertikal.

Manfaat Static Discharger

Manfaat atau kegunaan utama dari Static Discharger ini adalah untuk membuang muatan muatan listrik statis yang menempel bada badan Pesawat Terbang yang Anda tumpangi ketika mengudara.

Hal ini tak terlepas dari sebuah data dimana rata rata setiap tahunnya, Pesawat Terbang akan disambar oleh petir setidaknya satu kali.

Petir merupakan sebuah lecutan yang muncul atau ada ketika terdapat sebuah muatan listrik dengan kekuatan yang besar. Kekuatan listrik besar tersebut pun akan berhimpun pada awan awan yang terdapat di langit.

Bisa menjadi berbahaya jika Pesawat melintas di antara 2 himpunan awan dengan muatan listrik yang besar tersebut tanpa ada persiapan yang khusus.

Hal ini karena petir dapat menyambar badan Pesawat Terbang yang terbuat dari logam, dimana kita tahu bahwa logam merupakan salah satu jenis konduktor yang baik. Karena itulah, muatan listrik yang menyambar dari petir tersebut dapat menempel di badan Pesawat Terbang yang Anda tumpangi.

READ:  5 Tips Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat Terbang Karena Turbulensi

Disitulah Static Discharger atau yang dikenal pula dengan nama Static Wick (sumbu static) akan memiliki fungsi untuk membuang muatan muatan listrik yang menempel pada badan sebuah Pesawat Terbang.

Ini berdasarkan pada penjelasan yang dijelaskan oleh Maskapai Penerbangan Qantas, Australia pada blog yang mereka miliki belum lama ini.

Lebih lanjut lagi, Menurut Maskapai yang sama, Pesawat Terbang yang terbang dengan terur menerus berarti akan menggesekkan badannya pada atmosfer tanpa henti.

Hal inilah yang bisa menyebabkan banyak muatan listrik yang akan menempel pada badan Pesawat tersebut atau pada bagian rangkanya.

Awas! Elektron yang Berlebih Akan Berkumpul di Ujung Belakang Pesawat Terbang

Muatan Listrik yang berlebihan juga berarti terdapat muatan Electron yang sangat banyak jumlahnya. Di Pesawat Terbang, biasanya kelebihan Electron tersebut akan menumpuk pada bagian ujung belakang sebuah Pesawat Terbang atau alleron, sirip datar, sirip tegak, flap dan pada bagian yang lainnya.

Yang menjadi masalah adalah muatan Listrik pada setiap bagian Pesawat jumlahnya tidak sama dan bisa berubah ubah setiap waktunya. Karena itulah, kemungkinan terjadinya lecutan sangat besarr dan adanya lecutan tersebut dapat menyebabkan hal yang lebih serius, yakni kebakaran.

READ:  Jenis Jenis Pesawat Terbang Yang Banyak Digunakan Maskapai Penerbangan

Selain dapat menyebabkan bahaya berupa kebakaran, nyatanya lecutan Listrik tersebut pun dapat mengganggu fungsi Radio dari Pesawat.

Karena itulah, kawat logam atau Static Discharger adalah jalur yang akan dilalui oleh Electron berlebih untuk kembali ke atmosfer dan tidak berkumpul pada rangka dari Pesawat.

Resistensi yang terdapat ada Static Discharger sangat rendah sehingga memudahkan Electron untuk keluar kembali ke atmosfer.

Ternyata, meskipun terlihat Tidak berguna, Static Discharger memiliki fungsi yang tak main main untuk Pesawat ya gaes?

Semoga Artikel ini Bermanfaat, Sekian & Terimakasih..

Spread The Love..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open WhatsApp
Butuh Bantuan?
Butuh Bantuan?
Hubungi Kami di WhastApp..