Jenis Jenis Pesawat Terbang Yang Banyak Digunakan Maskapai Penerbangan

Jenis Pesawat Terbang

Jenis Pesawat Terbang

Mungkin dari Anda, Tidak Sedikit yang Pernah Traveling atau Bebergian menggunakan Jsa Transportasi Udara, berupa Pesawat Udara (Terbang).

Ya, Memang menggunakan Pesawat kini bukanlah hal yang asing dan mewah lagi. Karena, saat ini telah banyak ditemukan Jasa Transportasi Pesawat Udra yang menawarkan Biaya Penerbangan yang terjangkau.

Karna itulah, sekarang ini, setiap Orang dapat Naik Pesawat Terbang dengan mudah dan dengan biaya yang terjangkau.

Namun, Pernahkah Anda Penasaran atau ingin tahu dengan Apakah semua Pesawat Terbang yang digunakan sama jenisnya?

Berikut ini, Admin akan berbagai Informasi Tentang Jenis Jenis Pesawat Terbang Yang Banyak Digunakan Maskapai Penerbangan.

Definisi Pesawat Terbang

Pesawat Terbang adalah Pesawat Udara yang memiliki berat lebih dari udara, Bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri.

Secara umum, istilah Pesawat Terbang sering juga disebut dengan Pesawat Udara atau Kapal Terbang yaitu kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara.

Namun dalam Dunia Penerbangan, istilah Pesawat Terbang berbeda dengan Pesawat Udara, istilah Pesawat Udara jauh lebih luas pengertiannya karena telah mencakup Pesawat Terbang dan Helikopter.

Sejarah Pesawat Terbang

Awalnya, Penerbangan Pertamakali diterbangkan Menggunakan Balon Udara Panas yang ditemukan seorang berkebangsaan Prancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier pada tahun 1782.

Wright Bersaudara

Wright Bersaudara

Lalu di Amerika Serikat, Penerbangan Pesawat Terbang pertama kali dilakukan oleh Wright Bersaudara pada 1903. Mereka merancang pesawatnya sendiri. Pesawat ini hanya cukup untuk satu orang.

Kemudian di Inggris, seorang penemu Pesawat Terbang bernama Samuel F. Cody berhasil melakukan penerbangan pada 1910. Waktu itu, bentuk pesawat yang diciptakan masih sangat sederhana. belum seperti yang bisa dinikmati saat ini.

Setelah Perang Dunia I, MasaPenerbangan Sipil mulai tumbuh dan mengalami perkembangan yang sangat cepat. Akhirnya banyak Pesawat yang diproduksi untuk transportasi sipil. Selain itu, mulai juga bermunculan perusahaan penerbangan di Eropa dan Amerika.

READ:  Inilah Perbedaan Jenis Pesawat Airbus, Boeing, ATR dan Bombardier

Seiring Perkembangan Zaman, bentuk dan mesin Pesawat Terbang mulai disempurnakan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara. Pada 1949, dibuatlah Pesawat Komersial. Pesawat ini ukurannya lebih besar daripada pesawat-pesawat sebelumnya.

Sampai sekarang Pesawat Penumpang Terbesar di Dunia dibuat oleh Airbus Industrie dari Eropa dengan Pesawat A380.

Sistem Dalam Pesawat Terbang

Pesawat Terbang merupakan Sistem yang kompleks. Pada tahap Desain dan Dalam manual Penerbangan serta Pemeliharaan (digunakan oleh teknisi Pilot dan Pemeliharaan), terbagi menjadi Sistem Sederhana yang melaksanakan fungsinya masing-masing.

Berikut beberapa Sistem dalam Pesawat terbang:

  • Electrical Sistem
  • Hydraulics system
  • Navigation system
  • Flight control system
  • Ice protection (antiicing and deicing) system
  • Cooling system

Klasifikasi Pesawat Terbang

Pesawat Terbang adalah Pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri.

Secara umum, istilah Pesawat Terbang sering juga disebut dengan Pesawat Udara atau Kapal Terbang yaitu sebagai kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara.

Namun dalam Dunia Penerbangan, istilah Pesawat Terbang berbeda dengan Pesawat udara, istilah Pesawat udara jauh lebih luas pengertiannya karena telah mencakup Pesawat Terbang dan Helikopter.

Ada dua klasifiksai Pesawat Terbang yaitu:

  1. Pertama, Pesawat yang lebih berat daripada udara (aerodin). Pesawat yang termasuk jenis ini, yaitu autogiro, helikopter, dan Pesawat bersayap tetap.
  2. Kedua, Pesawat yang lebih ringan daripada udara (aerostat). Pesawat yang termasuk dalam jenis ini di antaranya kapal udara, balon udara.

Jenis Jenis Pesawat Terbang

Pesawat Terbang ternyata terdiri dari banyak jenis, tergantung pada kegunaannya. Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi pesawat berdasarkan jenisnya, yaitu:

  1. Pesawat Eksperimental
    Pesawat ini merupakan Pesawat yang sedang mengalami proses pengujian. Pesawat jenis ini pada umumnya mempunyai bentuk sedikit berbeda dan istimewa. Konsep dan desainnya baru. Selain itu, Pesawat ini belum dipakai secara massal.
  2. Pesawat Penumpang Sipil
    Pesawat jenis ini merupakan Pesawat udara yang berfungsi mengangkut penumpang. Pesawat penumpang sipil ini mempunyai kapasitas yang berbeda-beda.
  3. Pesawat Angkut (Kargo)
    Pesawat ini berfungsi untuk mengangkut barang dan mengangkut berbagai jenis komoditas. Pesawat ini sering juga disebut Pesawat Kargo. Pada umumnya Pesawat kargo adalah Pesawat penumpang yang dimodifiksai. Tapi, ada juga Pesawat yang khusus dibuat untuk pengangkutan barang, misalnya Pesawat jenis Boeing 747 Large Cargo Freighter. Pesawat angkut biasanya dipakai oleh sipil dan militer. Keduanya mempunyai armada masing-masing. Pihak militer biasanya menggunakan Pesawat ini untuk mengangkut kendaraan perang, senjata, dan tentara.
  4. Pesawat Militer
    Pesawat militer merupakan Pesawat yang berfungsi untuk berbagai keperluan militer. Jenisnya pun bermacam-macam.
  5. Pesawat Tempur
    Pesawat ini didesain untuk melakukan penyerangan. Sasaran penyerangan biasanya adalah Pesawat musuh. Karakter Pesawat ini lincah dan cepat.
  6. Pesawat Tempur Latih
    Pesawat ini digunakan latihan oleh calon-calon pilot, baik sipil ataupun militer. Pesawat ini dirancang tidak bersenjata. Pesawat jenis ini mempunyai dua tempat duduk, yaitu untuk pilot dan co-pilot.
  7. Pesawat Intai
    Pesawat ini berfungsi untuk mengintai lawan dan mengumpulkan data-data intelijen.

Pesawat Terbang mempunyai bahan bakar khusus, akan tetapi selidik punya selidik Pesawat menggunakan dua jenis bahan bakar yaitu Avgas dan Aviation Kerosine.

Seperti juga mobil, Pesawat Terbang butuh bahan bakar. Energi yang dilepas dipakai untuk menggenjot piston dan turbin agar kendaraan tersebut bisa melaju.

Jika Pesawat bermesin Piston menggunakan Aviation Gasoline alias Avgas, sedangkan Pesawat penyandang mesin turbin menggunakan Aviation Kerosine.

READ:  5 Tips Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat Terbang Karena Turbulensi

Beda dari kedua jenis bahan bakar ternyata ada pada sifat titik didih. Avgas yang sejatinya adalah campuran minyak tanah dengan hidrokarbon cair berkisar antara 32-220 Celcius. Sementara Aviation Kerosine lebih tinggi, yakni antara 144-252 Celcius.

Pembedaan ini paling tidak muncul sebagai syarat baku lantaran metal ruang bakar mesin punya toleransi beragam terhadap panas hasil pembakaran.

Mesin piston, sebagaimana laiknya dapur pacu generasi awal, jauh lebih rentan ketimbang mesin turbin yang terbuat dari metal jenis terbaru. Itu sebab, mesin Pesawat DC-3 Dakota yang walau hingga kini masih terbang, misalnya, tetap tak bisa beranjak dari avgas.

Jadi, jika Penerbangan jarak jauh ingin dipersingkat, Pesawat Terbang tak bisa lagi tergantung pada mesin piston. Pemecahannya mau tak mau dengan mesin turbin (turbojet, turbofan, atau turboshaft), yang pada akhirnya menuntut jenis bahan bakar lain yang lebih berenergi. Maka diramulah aviation kerosine.

READ:  Pengertian Penumpang Transportasi Udara Menurut Ilmu Penerbangan

Namun, sejalan dengan semakin canggihnya mesin turbin itu sendiri, aviation kerosine mengalami beberapa perombakan. Jenis pertama, Jet A, misalnya, hanya cocok digunakan untuk mesin jet generasi awal dengan struktur mesin yang masih sederhana.

Namun, apa boleh buat, avgas semakin ketinggalan zaman karena tak mampu memacu Pesawat menerobos batas kecepatan subsonik. Mirip seperti yang dipertentangkan antara mobil rumahan dan mobil balap, yang terakhir ini tentu perlu bahan bakar khusus yang mampu menimbulkan panas lebih tinggi.

Jenis Pesawat Komersial

Jenis Pesawat Komersial jika dilihat dari ukurannya terbagi menjadi Tiga, yakni Wide Body Aircraft, Narrow Body Aircraft dan Pesawat Perintis.

1). Wide Body Aircraft

Pesawat Wide Body Aircraft

Pesawat Wide Body Aircraft

Pesawat Komersial ini merupakan jenis Pesawat Komersial dengan ukuran yang paling besar diantara Pesawat Pesawat yang lain.

Lebar dari Pesawat ini sekitar 20 kaki atau 6,096 meter, memiliki 2 aisles dan seringkali disebut pula dengan sebutan Twin Aisles.

Pesawat ini seringkali memilki 7 kursi atau bahkan lebih yang sejajar satu sama lain. Lalu, beraoa diameter Pesawat dengan ukuran yang besar ini? Diameter Pesawat wide body Aircraft adalah 5 hingga 6 meter.

Konfigurasi tempa dudukt duduk di dalam kabin ekonomi adalah 3-4-3 dan 4-4-2. Total kapasitas untuk Pesawat ini adalah 200 hingga 850 orang.

Ukuran yang paling lebar adalah dengan diameter sebesar 6 meter dan memiliki 11 kursi yang sejajar satu dengan yang lainnya.

Dengan ukuran yang lebih besar, maka tentu saja wide body Aircraft membutuhkan Landasan Pacu yang lebih besar dan lebih panjang.

Beberapa model Pesawat wide body Aircraft yang ada sekarang ini antar alain adalah Airbus a300, A330, A 340, A350, A380, Boeing 747, Boeing 777, Ilyushin, Dreamliner, dll.

2). Narrow Body Aircraft

Pesawat Narrow Body Aircraft

Pesawat Narrow Body Aircraft

Pesawat ini biasanya dikenal juga dengan nama Pesawat lorong tunggal. Pesawta ini memiliki lebar kabin sekitar 3 sampai dengan 4 meter.

Pesawat Narrow Body Aircraft ini juga hanya memiliki satu asile. Untuk konfigurasi tempat duduknya biasanya adalah 3-3, 2–3 atau kadang 2–1 dan juga terkadang 1-1 untuk jenis private jet.

Pesawat jenis ini umumnya memiliki kapasitas penumpang yang kurang dari 250 orang saja. Lebih lanjut lagi, biasanya Pesawat jenis ini tidak mendapatkan ijin untuk terbang secara trans regional atau bahkan trans continental.

Oleh karena itulah, narrow body Aircraft biasanya digunakan untuk penerbangan regional saja. Beragam model Pesawat jenis ini antara lain adalah boeing 737, Boeing 757, Boeing 720 dan lain sebagainya.

2). Pesawat Perintis

Pesawat Perintis

Pesawat Perintis

Ini merupakan jenis Pesawat Komersial ketiga yang memilik ukuran cukup kecil dengan berat tidak lebih dari 6 ton. Biasanya Pesawat ini digunakan untuk mengunjungi tempat tempat yang terpencil.

Anda mungkin pernah melihatnya mengunjungi daerah Papua untuk mengantarkan beberapa bantuan atau logistic yang dibutuhkan oleh masyarakat di Papua.

Pesawat ini memang didesain dengan ukuran yang kecil supaya mampu untuk mendarat di landasan tanah dan landasan pendek yang sangat berguna untuk mengirimkan bantuan di daerah bencana, dll.

Pesawat jenis ini biasanya digunakan pada model Grumman, Cessna dan Beechcraft. Mungkin Cesna merupakan yang paling sering untuk Anda dengar ya?

Itulah 3 Jenis Pesawat Terbang Komersial yang ada sekarang ini. Kini Anda pun lebih mengerti mengenai jenis Pesawat Komersial dan semoga artikel ini bisa menambah ilmu pengetahuan Anda.

Semoga Bermanfaat, Sekian & Terimakasih..

Spread The Love..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open WhatsApp
Butuh Bantuan?
Butuh Bantuan?
Hubungi Kami di WhastApp..