Mengenal Flight Information Display System (FIDS) Dalam Dunia Penerbangan

Mengenal Flight Information Display System

Mengenal Flight Information Display System

Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah atau bahkan Sering ke Bandara dan Menggunakan Transporatasi Udara. Namun, Apakah Anda pernah mencoba mengenal seperti apakah Teknologi yang ada di Bandara?

Ya, Misalnya ketia Anda berada di Bandara, sudah tentu Anda akan melihat Papan Pengumuman Digital yang menampilkan beragam Informasi Penerbangan.

Ya, Papan Pengumuman itu disebut dengan Flight Information Display System (FIDS) atau dalam Bahasa Indonesia disebut Sistem Tampilan Informasi Penerbangan.

Selain membuat Bandara terlihat lebih Canggih, FIDS juga merupakan alat yang penting bagi Penumpang untuk mendapatkan informasi mengenai Penerbangan mereka.

Beberapa jenis informasi yang biasanya disampaikan melalui FIDS atau Sistem Tampilan Informasi Penerbangan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Nama Maskapai Penerbangan
  • Nomor Penerbangan
  • Asal Penerbangan
  • Tujuan Penerbangan
  • Waktu (Jam) Penerbangan
  • Status Penerbangan Seperti Boarding, Check in, Departing, On Schedule, Landing, Cancel dan Delay.

Dimana FIDS Biasanya Dipasang?

FIDS Digital Signage

FIDS Digital Signage

Biasanya FIDS dipasang di beberapa Area Spot Bandara untuk menunjukkan beragam informasi penting dari beberapa Penerbangan.

Satu hal yang pasti adalah, FIDS biasanya dipasang di tempat yang strategis dimana biasanya terdapat banyak Calon Penumpang sehingga penumpang bisa dengan mudah mengetahui status Penerbangan mereka atau Penerbangan yang lainnya.

FIDS biasanya dikelola oleh petugas atau pengelola Bandara serta harus di-update dengan realtime untuk memberikan informasi Penerbangan yang real time atau pada saat itu juga.

Biasanya FIDS ini ditampilkan dengan menggunakan medium sebuah layar TV Plasma dengan ukuran yang besar dan dengan tulisan yang jelas.

READ:  Definisi Airlines Dalam Dunia Penerbangan Menurut Ilmu Penerbangan

FIDS dapat juga berupa rangkaian LED yang kemudian ditempatkan di tempat yang mudah dilihat oleh para penjemput, penumpang dan pengunjung sebuah Bandara.

Data yang ditampilkan FIDS adalah sekumpulan data dari Penerbangan yang di-input oleh para operator Bandara dengan dasar jadwal Penerbangan yang didapatkan dari maskapai Penerbangan.

Karena itulah pihak operator tersebut akan selalu mengupdate status dan jadwal Penerbangan secara real time atau saat itu juga.

Data yang ditampilkan tersebut kemudian akan disimpan pada server database FIDS dan akan ditampilkan pada display seperti TV Plasma.

Beberapa kategori informasi yang terdapat pada FIDS yang kemudian menjadi dasar dimana akan dipasangkana adalah:

  • Domestic departure atau keberangkatan domestic;
  • Domestic arrival atau kedatangan domestic;
  • International Departure atau Keberangkatan Internasional;
  • International Arrival atau Kedatangan Internasional;

Jumlah display yang dipasang pun tidak ditentukan atau dengan arti kata lain pihak Bandara dapat memasang berapapun sesuai dengan kebutuhan mereka.

Biasanya display akan dipasang pada tempat keberangkatan baik domestic atau internasional, ruang tunggu dan area check in counter.

Di Zaman sekarang ini, ada beberapa pengelola Bandara yang telah mengintegrasi data FIDS dengan online atau menggunakan internet.

Kemudian mereka akan menampilkan data tersebut melalui website khusus yang membuat masyarakat tak hanya bisa melihatnya dari layar display yang diletakkan di sebuah Bandara.

Di Indonesia sendiri ada beberapa Bandara yang sudah memanfaatkan teknologi internet untuk FIDS nya dengan real time sesuai dengan bagaimana kondisi Bandara tersebut. Contoh Bandara tersebut adalah:

  • Bandara Soekarno Hatta (Jakarta)
  • Bandara Juanda (Surabaya)
  • Bandara Hasanuddin (Makassar)

Demikianlah Informasi Tentang Mengenal Flight Information Display System (FIDS) Dalam Dunia Penerbangan.

Semoga Bermanfaat, Sekian & Terimakasih..

Spread The Love..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open WhatsApp
Butuh Bantuan?
Butuh Bantuan?
Hubungi Kami di WhastApp..