Pengertian Check In Counter Sesuai Fungsinya Menurut Ilmu Penerbangan

Pengertian Check In Counter

Pengertian Check In Counter

Check In Counter – Seperti yang diketahui Bersama bahwasannya Setiap Penumpang yang akan ikut dalam Satu Penerbangan diharuskan untuk melalui salah satu proses yang bernama pelaporan awal atau yang lebih sering kita kenal dengan nama Check In.

Proses check in sendiri dilakukan pada salah satu unit yang bernama Check In Counter, dimana letak unit ini berada di dalam area keberangkatan pada gedung terminal suatu bandara.

Secara umum, fungsi dari adanya Check In Counter adalah untuk menerima Proses Check In yang dilakukan oleh Penumpang agar dapat memperoleh dokumen yang bernama Boarding Pass, sehingga Penumpang yang akan naik kedalam suatu pesawat dapat masuk kedalam Ruang Tunggu Keberangkatan (Boarding Gate).

Boarding Gate

Boarding Gate

Pengertian tersebut sejalan dengan pengertian yang telah disampaikan oleh Retna Wulandari (2010) dimana menurutnya Check In Counter merupakan tempat untuk melakukan proses pendataan terhadap Penumpang beserta bagasi bawaannya yang akan ikut kedalam suatu Penerbangan.

Pengertian lain mengenai Check In Counter juga dijelaskan dalam salah satu situs milik Lembaga Penerbangan di Indonesia yang bernama Flight Attendant & Airline STAFF Training (FAAST) yang dalam hal ini menjelaskan bahwa Check In Counter adalah sebuah tempat Loket guna memverifikasi data Tiket yang telah dibeli bersamaan dengan pengecekkan paspor dan visa disuatu bandara saat ingin memakai jasa transportasi udara.

Pengertian Check In Counter (Kesimpulan)

Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa unit Check In Counter tidak saja hanya berperan sebagai tempat melapor Penumpang yang akan ikut dalam suatu Penerbangan, melainkan juga menerima proses pelaporan dan pendataan terhadap barang bagasi Penumpang berdasarkan dokumen identitas yang dimiliki oleh Penumpang terkait yang juga turut diikutkan dalam Penerbangan tersebut.

Fungsi Check In Counter

Pada penjelasan mengenai Check In Counter sebagaimana telah tercantum dalam pembahasan teori sebelumnya dapat diketahui bersama bahwasannya Unit Check In Counter tidak saja hanya berfungsi sebagai tempat pendataan Penumpang.

Namun, Chek In Counter juga Berfungsi sebagai tempat pendataan terhadap bagasi milik Penumpang terkait yang juga akan turut diangkut kedalam suatu Penerbangan yang ada.

Penjelasan mengenai fungsi dari Unit Check In Counter tersebut juga telah dijelaskan secara detail dalam buku yang berjudul Kupas Tuntas Penerbangan karangan Pepen Pendi (2016:143) dimana dalam hal ini dijelaskan bahwa unit Check In Counter memiliki beberapa fungsi sebagaimana berikut :

  • Memberikan seat number (nomor tempat duduk) di pesawat, yang diberikan dalam bentuk boarding pass.
  • Menerima bagasi dari Penumpang untuk dimasukkan ke dalam kompartement bagasi pesawat.
  • Memastikan kebenaran identitas Penumpang, masa berlaku Tiket, kesesuaian foto dengan Penumpang terkait, dan memastikan adanya izin/visa yang dimilki Penumpang terkait jika akan memasuki negara yang dituju.
  • Memberikan rasa nyaman bagi Penumpang, dengan menginformasikan perihal nomor tempat duduk, permintaan khusus, jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat, serta memastikan bahwa Penumpang terkait telah mengikuti aturan dan prosedur dalam suatu Penerbangan.

Selain itu, Fungsi Penting lain yang juga dijalankan oleh unit Check In Counter secara umum yakni adalah ikut memastikan keamanan dari suatu Penerbangan, dimana hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa jenis barang tertentu yang dilarang ikut dalam suatu Penerbangan karena alasan keamanan pada saat proses inflight berlangsung.

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi Anda yang Berminat Bekerja di Dunia Penerbangan, seperti menjadi Pramugari, Pramugara atau STAFF Penerbangan tidak ada salahnya untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Khusus di Sekolah Penerbangan.

Lembaga Pelatihan Kerja FAAST Penerbangan merupakan Salah Satu Sekolah Penerbangan Terbaik & Resmi yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki Fasilitas yang Lengkap dan Modern, Didukung Oleh Instruktur Berpengalaman dibidangnya, Serta Biaya Pendidikan Terjangkau dan Bisa Dicicil, Membuat Sekolah ini menjadi Sekolah Penerbangan yang Wajib Anda Pilih.

Hubungi Kak Yeni (WA) 08997200200 Untuk Mendapatkan Informasi Yang Lebih Lengkap Tentang FAAST Penerbangan.

Demikianlah Penjelasan Tentang Pengertian Check In Counter, Semoga Bermanfaat.

Sekian & Terimakasih..

Spread The Love..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open WhatsApp
Butuh Bantuan?
Butuh Bantuan?
Hubungi Kami di WhastApp..