Tugas Tugas Marshaller atau Juru Parkir Pesawat Terbang di Bandara

Tugas Marshaller

Tugas Marshaller

Penahkah Anda mendengar istilah Marshaller atau Aircraft Marshalling? Mungkin bagi Anda yang Jarang atau Sering menggunakan Transportasi Udara masih merasa binggung Apa itu Marshaller?

Padahal, Marshaller juga termasuk Pegawai atau Karyawan yang juga mempunyai tugas penting di dalam Dunia Penerbangan lhoo.

Dalam Dunia Penerbangan Memang Terdapat Berbagai Jenis Pekerjaan. Mulai dari pekerjaan Formal dan sampai Pekerjaan Non-Formal, dari yang di Kantor samapi ada yang di Lapangan.

Setiap Orang dapat memilih Profesi sesuai dengan bidang Mereka dan apa yang Mereka sukai. Kerena, Pekerjaan akan terasa nyaman dikerjaan jika sesuai dengan pilihan Kita.

Salah satu Pekerjaan atau Profesi di dalam Dunia Penerbangan dan Jarang diketahui adalah Menjadi Marshaller. Apa itu Marshaller?

Tugas Marshaller

Tugas Aircraft Marshalling (Marshaller) adalah untuk memberi isyarata kepada Pilot untuk Terus Berputar, Memperlambat, Berhenti, Mematikan Mesin, Mengarahkan Pesawat Ketempat Parkir (Apron) atau Landasan Pacu (Runway).

Terkadang, Marshaller juga menunjukkan arah kepada Pilot dengan mengendari mobil “Follow-Me” (Biasanya Van kuning atau truk pick-up dengan pola kotak-kotak) sebelum turun dan melanjutkan pemberian sinyal, meskipun ini bukan standar industri.

Karena Tugas Marshaller adalah memandu Pilot untuk memarkirkan Pesawat setelah mendarat dan memasuki landasan parkir. Maka, Tugas Marshaller biasanya berada di Hanggar atau Parking Stand yang berada di Apron.

Tidak Semua Orang bisa menjadi Marshaller. Memang, Tugas Marshaller hampir sama dengan Tukang Parkir di Pasar atau Mengatur letak kendaraan di darat. Tapi Bedanya, Marshaller mengatur Pesawat yang mempunyai ukuran Super Besar.

Selain Itu, Untuk Menjadi Marshaller juga Harus atau Wajib mempunyai Aircraft Marshalling License (Lisensi) yang dikeluarkan oleh Otoritas Penerbangan. Jadi, Tidak sama seperti tukang parkir di Pasar yaa.

Ya! Meskipun ukuran Bandara sangat Luas. Tapi, untuk menempatkan Pesawt tida bisa asal-asalan. Karena jumlah Pesawat tidak hanya 1 (satu) saja, jadi tataletak Pesawat juga harus disesuaikan.

Bagi Seorang Pilot, Mengatur letak Pesawat yang berbadan Besang memang tidak mudah seperti yagn dibayangkan. Maka, disinilah Fungsi Marshaller di Bandara.

Tugas Marshaller memang hanya mengatur Tataletak Pesawat di Bandara. Namun, Tidak semua bisa dan di izinkan menjalankan Tugas dari Aircraft Marshalling. Karena hanya bisa dilakukan oleh Orang yang Berpengalaman dan Mempunyai Lisensi.

Agar lebih tahu tentang Tugas Tugas Marshaller, Berikut beberapa ulasannya:

  1. Memberi Komando Kepada Pilot
    Pesawat yang sedang mendarat di Bandara butuh Marshaller untuk diberikan komando. Di dalam dunia penerbangan pastinya pilot sudah paham dengan beragam gerakan Marshaller untuk menunjukkan arah yang harus diambil
  2. Memberikan Tanda dengan Benar & Cepat
    Kedatangan pesawat yang sudah terjadwal harus diperhatikan oleh Marshaller. Setiap bertugas Marshaller harus selalu siap siaga agar tidak terjadi kesalahan saat pesawat akan mendarat. Seorang Marshaller juga harus berhati-hati dalam memberikan tanda, karena jika salah sedikit bisa berakibat fatal.
  3. Mengatur Posisi Pesawat
    Seorang Marshaller tidak hanya mengatur posisi satu pesawat saja tapi bisa belasan bahkan puluhan. Jangan sampai jalur landasan pesawat penuh kareba itu akan menyulitkan pilot dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Selain dari Tugas Tugas di atas, Menjadi Seorang Marshaller juga harus Siap dengan Panas Yaa. Karena tugasnya ada di ruang Terbuka.

Bagamana, Tugas Marshaller lumayan menantang bukan?

Semoga Bermanfaat, Sekian & Terimakasih..

Spread The Love..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open WhatsApp
Butuh Bantuan?
Butuh Bantuan?
Hubungi Kami di WhastApp..